By Rodney Miller

0

Resep Masakan Cepat Saji Favorit Keluarga Indonesia

Resep Masakan Cepat Saji Favorit Keluarga Indonesia

Categories : Kuliner

Istilah makanan cepat saji jelas sudah amat sangat dikenal di masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang tinggal di kota besar. Pasalnya banyak sekali dijajakan makanan-makanan cepat saji dengan berbagai jenis dan variannya. Kebanyakan memang berasal dari luar negeri yang diadaptasi rasanya dengan cita rasa masyarakat kita. Banyaknya penjaja makanan cepat saji jelas merupakan bukti bahwa masyarakat kita cukup menyukainya, sehingga wajar jika banyak pula yang mencari tahu tentang resep masakan cepat saji untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Resep Masakan Cepat Saji Ala Eropa Yang Mendominasi

Resep Masakan Cepat Saji Favorit Keluarga Indonesia

Dari sekian banyak makanan cepat saji yang dicari resepnya, kiranya makanan cepat saji yang berasal dari eropa merupakan yang paling mendominasi dalam daftar pencarian. Mungkin karena tren gaya hidup sekarang ini yang begitu jelas kebarat-baratan sehingga soal makanan juga mulai banyak berkiblat ke sana.

Salah satu menu masakan cepat saji ala eropa yang belakangan ini sedang santer sekali dicari resepnya adalah makaroni kukus. Popularitas menu makanan cepat saji yang satu itu melambung adalah berkat banyaknya film-film luar dan dalam negeri yang menmpilkannya, sehingga menggugah rasa penasaran banyak orang terutama kaum wanita untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Apalagi kabar mengatakan bahwa tidak sulit dan tidak lama untuk bisa membuat satu ataupun beberapa porsi makaroni kukus untuk dihidangkan kepada keluarga.

Bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat menu masakan cepat saji ala eropa tersebut adalah makaroni rebus yang sebaiknya sudah direbus terlebih dahulu setengah matang, 2 hingga 3 butir telur yang telah dikocok, keju cheddar, serta loyang yang telah dilapisi alumunium foil. Tidak lupa siapkan pula bahan untuk bahan tulisannya yang antara lain yaitu margarin sebanyak 3 sendok makan, 1 buah bawang bombay yang telah dicincang kecil, smoked beef secukupnya yang sudah dipotong kotak-kotak, wortel yang telah dipotong dadu kecil-kecil, air setengah liter, susu kental manis sekitar 5 sendok makan, bawang putih bubuk sebanyak ½ sendok teh saja, sedikit merica, pala, garam dan gula.

Apabila bahan-bahan di atas sudah siap, maka resep masakan cepat saji bisa berlanjut pada langkah pembuatan yang dimulai dengan langkah berikut ini.

  1. Panaskan margarin terlebih dahulu
  2. Setelah panas, segera tumis bawang bombay, smoked beef, jagung manis serta wortel
  3. Taburkan bawang putih bubuk, pala, merica, gula, dan garam, kemudian tambahkan air dan juga susu kental manis
  4. Setelah mendidih maka segera angkat bahan tumisan tadi lalu biarkan hingga dingin
  5. Siapkan wadah untuk menampung bahan tumisan yang telah diangkat dari wajan
  6. Kemudian tambahkan makaroni yang telah direbus setengah matang tadi beserta telur kocok ke dalam wadah berisi bahan tumisan
  7. Keju cheddar dapat diparut dan ditaburkan pula ke dalam wadah tadi
  8. Aduk-aduk semua bahan yang telah dicampurkan ke dalam wadah hingga semua bahan tercampur merata
  9. Setelah menjadi adonan, segera tuang ke dalam loyang berlapis aluminium foil
  10. Sisa keju cheddar yang belum diparut dapat ditaburkan ke atas adonan sebagai topping
  11. Terakhir, masukkan ke dalam pengukus selama 15 sampai 20 menit
  12. Setelah itu segera keluarkan dari kukusan karena makaroni kukus sudah siap dihidangkan

Dengan bahan maupun alat yang digunakan pada resep membuat makaroni kukus di atas, kiranya tidak ada yang sulit untuk didapatkan. Sehingga siapa saja tentu dapat membuatnya tanpa perlu menemukan kesulitan. Terkait apakah dapat ditambahkan isian ataupun topping lain, tentu saja hal tersebut dapat dilakukan karena memang sangat mungkin selera orang berbeda-beda.

Tren Makanan Cepat Saji Asal Asi Yang Tak Mau Kalah Saing

Masakan Cepat Saji Favorit Keluarga

Di atas sudah dikatakan bawah dominasi makanan cepat saji asal eropa dan sebetulnya juga amerika, cukup kuat. Tetapi ternyata belakangan ini makanan cepat saji dari kawasan Asia juga berusaha mengambil hati. Terbukti dengan populernya kebab, shawarma, roti canai dan lain sebagainya di beberapa kota di tanah air. Makanan-makanan tersebut jelas termasuk golongan makanan cepat saji yang berasal dari kawasan Asia terutama Asia tengah.

Kondisi semacam itu tentu menarik untuk diperhatikan mengingat menjadi semakin banyak opsi masakan cepat saji yang dapat dipilih. Tentu saja rasa yang ditawarkan juga menjadi semakin beragam karena setiap makanan cepat saji dari berbagai negara memiliki cita rasa khasnya sendiri.

Selain itu tentu saja direktori atau perbendaharaan resep masakan cepat saji masyarakat kita juga menjadi semakin banyak. Sehingga dapat semakin melengkapi resep-resep yang sudah dikuasai sebelumnya. Dengan demikian juga potensi untuk terjadinya pengembangan resep oleh masyarakat kita semakin besar, jadi tidak menutup kemungkinan akan tercipta suatu masakan yang benar-benar baru hasil perpaduan berbagai resep yang diketahui. Tetapi mungkin memang tidak dalam waktu dekat, karena sekarang ini masih dibuai oleh berbagai masakan cepat saji yang baru diperkenalkan kepada masyarakat kita.